Sabtu, 01 Desember 2012

Sejarah SMA Negeri Darmaraja


 SMA Negeri Darmaraja berdiri pada bulan Juli 1987 (tahun ajaran 1987/1988) atas prakarsa pemuka masyarakat/ cendikiawan Darmaraja yang mengharapkan adanya SMA di Kewadanaan Darmaraja.
            Keinginan tersebut direalisasikan dengan diadakanya SMA kelas jauh dari SMAN Situraja dengan status sekolah swadaya swadana dan menempati di SMP Negeri 1 Darmaraja.
            Di bawah Kepemimpinan Bapak O.S. Sumarna B.A. SMA Swadana di Darmaraja tahun 1990 memiliki bangunan sebanyak 3 kelas yang berlokasi di Pasir Kihiang (Lokasi SMA sekarang). Sejak itulah SMA Swadana pindah dari SMP Negeri 1 Darmaraja ke lokasi sekarang.
            Pada tanggal 13 April 1991 Bapak Bupati Kabupaten Sumedang (Drs. H. Sutardja) dan Kepala Kanwil Provinsi Jawa Barat (Drs. H. Tating Karnadinata) meresmikan penggunaan gedung baru SMA Darmaraja sebanyak 3 kelas.
            Baru pada tanggal 16 Januari 1993 SMA Darmaraja diresmikan menjadi Sekolah Negeri dengan status sama dengan sekolah Negeri yang lainnya oleh Bapak Menteri Pendidikan Prof. Dr. Faud Hassan.
            Dari tahun 1993 sampai sekarang berstatus Negeri dan diambil alih oleh pemerintah (Kanwil Provinsi Jawa Barat yang selanjutnya diserahkan kepada Pemda Kabupaten Sumedang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar